Sekda Natuna Pimpin Rapat bersama BPJS Kesehatan bahas JKN-KIS dan Capaian UHC

Jaminan Sosial dibidang Kesehatan, merupakan salah satu amanah Undang-Undang yang harus direalisasikan oleh Pemerintah disetiap tingkatan, melalui pengelolaan kemampuan daerah, bagi menghadirkan keberadaan pemerintah bagi seluruh masyarakat.

Dalam upaya merealisasikan hal diatas, keberadaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, diharap mampu mendukung dan bersinergi dalam mewujudkan jaminan Kesehatan.

Hal diatas disampaikan Bupati Natuna melalui Sekretaris Daerah, Boy Wijanarko Varianto ketika memimpin Rapat dengan pimpinan BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang dan beberapa Pimpinan Organisasi Perangka Daerah terkait, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai Ranai, senin (03/06) pagi.

Adapun materi yang dibahas dalam rapat kali ini adalah terkait Kepesertaan JKN-KIS serta perkembangan capaian Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Natuna.

Dalam sambutannya, Boy menyampaikan bahwa Pemkab Natuna memiliki kepentingan sangat tinggi untuk disinergikan dengan BPJS Kesehatan, terutama dalam rangka mewujudkan pelayan Kesehatan dasar bagi masyarakat.

Namun demikian dirinya mengakui bahwa dalam kerjasama tersebut, masih terdapat kendala. Sebagai bentuk focus dan komitmen, berbagai kendala tersebut akan terus dibenahi bagi memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat di Natuna.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Muhammad Nur Adriansyah dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa UHC ditingkat Provinsi Kepulauan Riau saat ini mencapai 98%. Sedangkan UHC itu sendiri dapat diartikan sebagai himpunan data yang dapat dipergunakan bagi memudahkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Untuk Kabupaten Natuna, UHC mencapai 101,41% (data per 1 Mei 2024). Sedangkan data kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Natuna mencapai 93,79% (jumlah penduduk 83.450 jiwa), dengan peserta aktif berjumlah 78,266 jiwa, sedangkan peserta non aktif berjumlah 6,358 jiwa.

Selain itu apresiasi juga disampaikan atas dukungan dari Pemkab Natuna dengan memberikan ruang bagi BPJS Kesehatan untuk terus menyebarluaskan informasi terkait transparansi kinerja BPJS secara berkala, melalui berbagai media informasi yang ada

Nur Adrian juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Natuna yang telah mengarahkan seluruh aparatur pemerintah daerah serta sebagian besar masyarakat Natuna menjadi peserta BPJS Kesehatan. (Pro_kopim/S&D).

PERS, Nomor : 148293 /PRO_KOPIM/2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *