Pimpin Upacara Peringatan Hari Pancasila, Bupati Natuna : Mari Terapkan Nilai Pancasila bagi Merawat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Sabtu (01/06) pagi, Bupati Natuna, Wan Siswandi memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Pancasila, tahun 2024 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai.

Wan Siswandi ketika itu menyampaikan Pidato resmi Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dimana didalamnya mengatakan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan bangsa ini dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Menurutnya, sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Indonesia patut merasa bersyukur karena Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya sejauh ini menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa, agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Selain itu, Pancasila juga mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Lebih lanjut disampaikan pula bahwa momentum yang sangat bersejarah ini, Kepala BPIP RI mengajak seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai media statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan bangsa ini dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Kepala BPIP RI juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Terakhir, diharapkan kepada seluruh komponen bangsa untuk bersama dan bergotong royong merawat anugerah Pancasila, berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila dihadiri oleh Sekda Kabupaten Natuna dan seluruh Kepala OPD serta diikuti oleh Seluruh pegawai dilingkungan Kabupaten Natuna.
(Pro_Kopim/Patli)

PERS, Nomor : 148291 /PRO_KOPIM/2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *