Wakil Bupati Natuna Hadiri Upacara Pembukaan Pemusatan Pelatihan Paskibraka tahun 2022

Bertempat di Halaman Gedung Asrama Haji Komplek Natuna Gerbang Utaraku, Ranai, rabu (03/09) petang, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda menghadiri Upacara Pembukaan Pelatihan Pemusatan Paskibraka Kabupaten Natuna, Tahun 2022.

Tampak hadir beberapa pejabat diantaranya Wakil Ketua DPRD Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah, beberapa perwakilan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan jajaran pejabat dan staf dari Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Natuna, unsur pelatih dan peserta kegiatan.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Komandan Distrik Militer (Kodim) 0318 Natuna, Letkol Hasbul Hasid Lubis dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya menyadari bahwa tugas utama adik-adik peserta kegiatan yang tergabung dalam Paskibraka adalah belajar dan menuntut ilmu. Namun untuk saat ini, keberadaannya dianggap sangat penting bagi mengemban tugas menyukseskan peringatan hari kemerdekaan.

Menurut Hasbul, indikator kesuksesan penyelenggaraan kegiatan baik secara keseluruhan, skala tim maupun personil dapat dilihat dari beberapa faktor, diantaranya faktor keamanan, keselamatan, Kesehatan serta pencegahan dari gangguan-gangguan kejadian lain yang tidak diinginkan.

Ditinjau dari faktor tim dan individu, pengendalian emotional, penguasaan skill/keterampilan dan Kerjasama merupakan hal terpenting dalam membangun team yang solid. Oleh karenanya, melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan seluruh peserta mendapatkan bekal dan kemampuan yang memadai untuk mendukung tugas baik pengibaran maupun penurunan bendera dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, tahun 2022.

Selain itu, kepada para pelatih dan pembina juga diharapkan agar dapat memberikan sumbangsih besar teradap keberhasilan dalam mewujudkan team paskibraka yang solid, oleh karenanya diharapkan para pembina untuk dapat bekerja sepenuh hati, mempersiapkan paskibraka Kabupaten Natuna yang siap baik secara emotional, mental, skill bagi menyukseskan pelaksanaan tugas yang diemban.

Sekretaris Dispora Kabupaten Natuna, Erwenadi dalam laporan pelaksanaan kegiatan menyampaikan bahwa selama ini Paskibraka menjadi salah satu model pola asuh bagi pengembangan generasi muda untuk membentuk mental dan karakter kepemimpinan serta kedisiplinan, sehingga unsur pemuda memiliki rasa cinta tanah air, persatuan dan kesatuan serta wawasan kebangsaan.

Untuk pelaksanaan pemantapan dan pelatihan Paskibraka Kabupaten Natuna tahun ini akan diselenggarakan dari tanggal 3 sampai 18 Agustus 2022 yang dipusatkan di Lokasi Asrama Haji komplek Natuna Gerbang Utaraku (NGU) Ranai.

Adapun peserta yang diambil berjumlah 33 orang merupakan utusan dari beberapa kecamatan, terdiri dari 17 orang putra dan 16 orang putri. Sedangkan untuk tahun ini Kabupaten Natuna mengirimkan 3 orang Paskibraka yang mewakili daerah sebagai Paskibraka Provinsi Kepri. (Pro_kopim/3gy)

RILIS PERS, Nomor : 1394 /PRO_KOPIM/2022