Pagelaran Budaya Desa Tapau, Wabup Natuna: Pelestarian Budaya sebagai sebagai Wujud Syukur dan Gotong Royong

Bertempat di Halaman Kantor Desa Tapau Kecamatan Bunguran Tengah, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda didampingi Sekda Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko Varianto menghadiri acara Pagelaran Budaya Desa Tapau dalam rangka Memperingati 1 Muharram 1446 Hijriyah, minggu (07/07) Sore.

Kegiatan tersebut diawali dengan dengan Pawai Budaya, dilanjutkan dengan acara Sedekah Bumi atau yang lebih dikenal dengan Budaya Grebeg Tumpeng dimana pada acara ini menyajikan berbagai jenis Tumpeng yang dibuat dari hasil panen masyarakat setempat.

Sajian Tumpeng dengan kreasi berbagai hasil panen masyarakat tersebut dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas karunia sang pencipta dalam bentuk hasil panen yang melimpah.

Dalam sambutannya, Rodhial Huda menyampaikan bahwa tradisi ini patut dilestarikan karena menurutnya mengandung falsafah nilai gotong royong serta keindahan nilai berbagi antar umat/masyarakat sebagai wujud syukur atas kesejahteraan yang terwujud berkat karunia Ilahi.

Menurut Rodhial, warga Kecamatan Bunguran Tengah yang sebagian besar memiliki kemampuan pengelolaan agraria/pertanian dan perkebunan harus menjadi modal potensial sebagai penggerak pemenuhan pangan masyarakat, khususnya di Desa Tapau, serta bagi Kabupaten Natuna secara umum.

Kepala Desa Tapau, Sudiono dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa Sedekah Bumi merupakan akulturasi budaya dari masyarakat Desa Tapau yang masih dilestarikan oleh warga setempat, mengingat asal sebagian warga Desa Tapau merupakan warga Program Transmigrasi dari Pulau Jawa.

Sudiono menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya secara turun temurun dalam rangka memperingati Satu Suro atau 1 Muharam.

Khusus tahun ini, Sodiono menjelaskan bahwa Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Tapau juga telah sepakat untuk menyelenggarakan beberapa kegiatan warisan budaya, seperti Pawai Adat, Kuda Lumping dan beberapa pertunjukan budaya lainnya.

Pembukaan Pagelaran Budaya Desa Tapau ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati didampingi Sekda Kabupaten Natuna beserta anggota Forkopimda, disaksikan seluruh undangan dan masyarakat yang hadir, dilanjutkan dengan acara Jarah Sayur yang dipimpin Wakil Bupati Natuna serta diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Tapau yang berkesempatan hadir.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Sekda Kabupaten Natuna, Kajari Natuna, Danlanal Ranai, Camat Bunguran Tengah, para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta masyarakat setempat. (Pro_Kopim/Patli)

PERS, Nomor : 148320 /PRO_KOPIM/2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *