SELAMAT DATANG di Situs Resmi Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Wakil Bupati Natuna Hadiri Kegiatan Tande Mule Gawai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Natuna, Tahun 2020

Bertempat di Lapangan Sri Serindit, Ranai, sabtu (11/1) malam, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti menghadiri acara Tande Mule Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Natuna Tahun 2020, yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna.

Dalam sambutannya, Ngesti menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat karena dalam beberapa kali pelaksanaan Pemilu, Kabupaten Natuna  dapat menyelenggarakan pesta demokrasi tersebut dalam kondisi tertib dan kondusif.

Menurutnya hal ini merupakan implementasi dari kedewasaan berdemokrasi yang ditunjukkan oleh masyarakat, tetap menjunjung tinggi kesamaan hak sebagai untuk memilih dan dipilih sebagai tokoh usungan publik yang berlaga di pentas Kompetisi Pemilihan Umum.

Hal ini merupakan prestasi semua pihak yang harus dipertahankan bersama, terutama melalui upaya  menciptakan  iklim kondusif dalam melaksanakan pembangun daerah.

Ngesti juga menambahkan bahwa dalam menyongsong pelaksanaan Pilkada kali ini, menggambarkan bahwa akan tercipta nuansa politik yang sangat terasa, terutama yang diciptakan oleh seluruh pihak yang berkompetisi untuk merebut simpati massa.

Bukan tidak mungkin terjadi pelanggaran terhadap aturan penyelenggaran Pemilu yang dilakukan oleh para Juru Kampanye maupun para simpatisan, namun demikian Ngesti mengharapkan agar semua pihak dapat selalu proaktif menyingkapi kejadian tersebut secara bijak, membangun koordinasi dengan berbagai instrument Pemilu sesuai kejadian maupun jenis pelanggaran yang terjadi.

Selanjutnya kepada seluruh perangkat Pilkada yang sudah diberikan kewenangan, Ngesti juga mengharapkan agar dapat menjalankan tugas secara professional dan proporsional, serta netralitas sesuai bidang yang dijalankan.

Menyikapi kejadian akhir-akhir ini, terutama terkait isu nasional klaim Cina terhadap Laut Natuna Selatan, Ngesti juga berharap agar seluruh masyarakat  untuk tetap tenang dan menjalankan aktifitas seperti biasanya.

Karena sesuai kewenangan, penjagaan batas wilayah sudah ditangani oleh Pemerintah Pusat melalui upaya pengamanan perairan dengan melibatkan satuan TNI untuk terus menjaga wilayah kedaulatan NKRI serta demi keselamatan para nelayan dan masyarakat Kabupaten Natuna khususnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Komisi Pemilihan Umum, Junaidi Abdilah juga menerangkan bahwa  Kabupaten Natuna memiliki kateristik dan keunikan tersendiri, dimana sebagian besar wilayahnya berbentuk perairan, menjadikan tantangan tersendiri bagi KPU, terutama terkait penyelenggaraan sosialisasi dan informasi kepada masyarakat.

Terkait keterbatasan sumberdaya, baik kondisi beberapa daerah yang masih belum terjangkau jaringan internet, maupun penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi, Junaidi sangat berharap agar seluruh masyarakat maupun perangkat daerah untuk dapat memberikan dukungan serta proaktif, dengan harapan melalui kerjasama dan kepedulian semua pihak, Pilkada Kabupaten Natuna 2020 dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Selanjutnya Ketua Pelaksana, Samsuardi dalam laporannya menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi terkait dinamika pelaksanaan Pilkada, terutama bagi seluruh masyarakat, kader partai politik, para pemangku kepentingan.

Adapun peserta yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 400 orang terdiri dari masyarakat dalam berbagai peran dan fungsi.

Hadir pada acara anggota komisioner KPU RI (Ilham Saputra), Komisioner KPU Provinsi Kepri (Priyo Handoko) Sekretaris KPU Provinsi Kepri (Luky Saiman Prawira), Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Kader Partai Politik dan masyarakat. (Pro_Kopim/Sono/Izar)

RILIS PERS, Nomor : 1073 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019