SELAMAT DATANG di Situs Resmi Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Wakil Bupati Natuna Buka Secara Resmi Festival Funtouristic Peringatan Hari Jadi Kota Ranai yang ke 148

Penyelenggaraan Funtouristic merupakan salah satu upaya pengembangan sector pariwisata bagi menarik minat pengunjung ke daerah, mengemas dan menyajikan potensi alam dan budaya secara apik dan menarik, sehingga memiliki nilai jual dan akan berdampak pula pada geliat ekonomi masyarakat.

Kemasan promosi melalui berbagai event dengan mengangkat nilai keaslian daerah secara tidak langsung akan mampu memberikan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke daerah, namun dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk mewujudkan hal tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti dalam sambutannya pada acara Pembukaan Festival Funtouristic sempena peringatan Hari Jadi Kota Ranai ke-148, bertempat di Pantai Kencana, Ranai, sabtu (27/7) malam.

Menurut Ngesti, masyarakat Natuna patut berbangga hati karena daerah ini sudah ditetapkan menjadi salah satu Geopark Nasional, dinilai pantas mendapatkan gelar tersebut karena memiliki karakter alam yang masih sangat natural, kebudayaan yang bernilai tinggi serta keragaman hayati yang mempesona.

Potensi tersebut hendaknya dapat dijadikan modal bagi mengupayakan kemajuan pariwisata yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat, bukan hanya pada sector pariwisata, tetapi juga pada sector lain seperti perikanan.

Namun Ngesti mengakui bahwa untuk mencapai tahapan tersebut, dibutuhkan kerja keras dan kerjasama semua pihak, sinergi program kerja baik dari tingkat pemerintah pusat maupun daerah serta keterlibatan seluruh unsur lapisan masyarakat maupun investor untuk mewujudkan peluang lapangan kerja di daerah.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kepariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, melaporkan bahwa saat ini Kabupaten Natuna sedang focus pada pengembangan sector pariwisata sebagai salah satu implementasi percepatan pembangunan 5 pilar sebagaimana instruksi Presiden RI.

Kebijakan sekaligus peluang yang diberikan oleh Pemerintah Pusat ditetapkan mengingat Kabupaten Natuna memiliki berbagai potensi daerah yang sangat berpeluang dijadikan modal pembangunan, seperti karakter geografis, keragaman hayati, bebatuan, perairan dan pantai, serta didukung warisan budaya leluhur bernilai budaya.

Oleh karenanya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna akan terus berupaya untuk mewujudkan Natuna sebagai gerbang pariwisata internasional di masa hadapan, mengingat daerah ini merupakan salah satu wilayah perbatasan NKRI yang sangat strategis.

Selanjutnya Hardinansyah menjelaskan bahwa tujuan dan sasaran kegiatan ini adalah upaya promosi daerah pada sector pariwisata tingkat nasional maupun taraf internasional, sekaligus sebagai wadah bagi masyarakat untuk berkreasi serta ikut melestarikan seni budaya daerah.

Rangkaian kegiatan Funtouristic tahun 2019 akan berlangsung dari tanggal 27 sampai 31 Juli 2019 dengan beberapa agenda diantaranya, lomba lagu Melayu dan Band Remaja/pelajar, lomba gasing, lomba burung berkicau, lomba menyuruh. (Humas_Pro/sono/#pcs)

RILIS PERS, Nomor : 916 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019