SELAMAT DATANG di Situs Resmi Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Ngesti Kunjungi dan Apresiasi Pengembangan Taman Mangrove Mekar Jaya

Melalui keseriusan Pemerintah Desa Mekar Jaya Kecamatan Bunguran Barat, yang sejauh ini pengembangan sector Pariwisata yang dikemas dengan memberdayakan kelompok masyarakat setempat membangun taman mangrove, akhir-akhir ini berhasil menarik perhatian masyarakat luas.

Sebagai bentuk perhatian serta motivasi pemerintah daerah, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni SUprapti ketika itu didampingi beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah yang disambut hangat oleh Kepala Desa Mekar Jaya, Anggota BPD dan Unsur perangkat desa serta masyarakat setempat.

Adapun beberapa pejabat daerah yang berkesempatan  mendampingi Wakil Bupati Natuna ketika itu diantaranya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Natuna, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD, Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan beberapa staf.

Dalam pertemuan singkat yang digelar ketika itu, Ngesti mengatakan bahwa kreativitas yang ditunjukkan oleh Desa Mekar Jaya dengan memanfaatkan potensi yang ada untuk pengembangan desa patut menjadi contoh bagi desa-desa lain.

Namun Ngesti menjelaskan bahwa untuk lebih memaksimalkan potensi tersebut menjadi salah satu pendapatan asli desa dan lapangan kerja masyarakat, hendaknya didukung pula oleh industry rumahan yang memproduksi berbagai pernak pernik pendukung maupun kuliner, sehingga bukan hanya dapat meramaikan jumlah kunjungan, namun juga dapat berpengaruh pada perekonomian masyarakat.

Diakui bahwa untuk mendukung sector pariwisata, dibutuhkan berbagai fasilitas pendukung yang memadai. Hal ini dikatakan mengingat akses jalan penghubung antara Desa Pian Tengah menuju Desa Mekar Jaya masih tergolong memprihatinkan, dibutuhkan perhatian serius.

Oleh karenanya Ngesti berjanji akan memprioritaskan pekerjaan pelebaran jalan penghubung dan pembangunan jembatan permanen sampai ke lokasi objek wisata tersebut melalui APBD 2020 mendatang.

Menurut Ngesti, perbaikan jalan dan jembatan dimaksud bukan hanya akan mendukung pengembangan sector wisata di Desa Mekar Jaya semata, melainkan akan berdampak pula bagi kelancaran aktivitas perekonomian masyarakat Desa Pian Tengah yang pada gilirannya akan saling terhubung, dan mendukung.

Dengan pembenahan fasilitas, ide inovasi kreatif dan kerjasama semua pihak, bukan tidak mungkin destinasi taman mangrove Desa Mekar Jaya akan menjadi salah satu unggulan daerah pada sector pariwisata (Humas_pro/red/Dok./#pcs)

RILIS PERS, Nomor : 915 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019