SELAMAT DATANG di Situs Resmi Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Funtouristic Natuna 2019 Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Kota Ranai ke 148, Resmi ditutup Plt Gubernur Kepri

Rangkaian acara Funtouristic dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Ranai ke – 148, tahun 2019, sebagai salah satu event promosi sector pariwisata daerah secara resmi ditutup oleh Plt. Gubernur Kepulauan Riau, senin (31/07) malam, bertempat di Pantai Kencana Ranai.

Dalam sambutannya ketika menutup secara resmi, Plt Gubernur Kepri, Isdianto menjelaskan bahwa sector pariwisata hampir diseluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri memiliki karakteristik yang berbeda, namun memiliki nilai jual tinggi.

Akan tetapi dibutuhkan intervensi program kerja pembangunan yang strategis, sehingga fasilitas pendukung, sumberdaya manusia, warisan nilai budaya dan berbagai potensi lainnya mampu dikemas menjadi kesatuan yang saling mendukung.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepri akan terus memberikan dukungan melalui program kerja yang bersinergi dengan pemerintah Kabupaten/Kota dalam menjadikan sector pariwisata menjadi salah satu sumber pendapatan daerah serta media pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan.

Hal ini penting menurut Isdianto, mengingat dengan berkembangnya sector pariwisata, akan berdampak kepada peningkatan ekonomi kerakyatan serta terciptanya lapangan pekerjaan. Namun harus diperhatikan, bahwa dalam pengembangan sector pariwisata harus seimbang dengan upaya pelestarian dan keseimbangan alam sekitar

Selanjutnya Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti juga menambahkan dalam sambutannya, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberi kesan positif bagi semua pihak, baik tim penyelenggara, pengunjung, wisatawan, pelaku usaha kerakyatan.

Sehingga pada gilirannya, Kabupaten Natuna melalui sector pariwisatanya semakin dikenal baik dalam negeri maupun mancanegara, sekaligus menciptakan lapangan kerja baru bagi pelaku usaha dan pelaku seni yang ada di Kabupaten Natuna.

Selain itu, Ngesti juga menambahkan bahwa melalui kegiatan ini masyarakat dapat termotivasi untuk terus menumbuhkan kecintaan terhadap warisan budaya daerah, menambah wawasan bagi generasi muda untuk mengenal peninggalan leluhur serta nantinya turut serta dalam melestarikan berbagai kesenian kreatif untuk menjaga khazanah budaya negeri.

Ucapan terima kasih juga diucapkan kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini, karena Ngesti mengakui bahwa suksesnye kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik dari tingkat kementerian, Provinsi Kepri serta seluruh unsur pembangunan daerah lainnya.

Pada kesempatan yang sama kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Hardinansyah melaporkan ada beberapa kegiatan yg telah dilakukan dari tanggal 27 sd 31 Juli 2019,  diantaranya festival layang-layang internasional yang diikuti tidak hanya dari dalam negeri, namun juga turut berpartisipasi peserta dari 10 negara lainnya.  Selain itu, Panitia juga menggelar festival band, festival Kicau Burung, Gasing  dan festival Nyuluh.

Hardinansyah mengakui bahwa dalam pelaksanaan kegiatan kali ini masih banyak terdapat kekurangan yang akan terus menjadi bahan koreksi dan evaluasi, namun dirinya terus berharap mendapatkan dukungan baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun seluruh unsur pendukung lainnya, sehingga kedepan pelaksanaan dapat diselenggarakan lebih baik guna menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Natuna. (Humas_Pro/Arf/#pcs)

RILIS PERS, Nomor : 925 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019