Bupati Natuna menghadiri Pembukaan MTQ IX tingkat Provinsi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sebagai pimpinan kafilah, Bupati Natuna, Wan Siswandi yang didampingi Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Amhar, beberapa anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Natuna menghadiri pembukaan Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) IX tingkat Provinsi Kepri yang digelar di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Tampak hadir beberapa pejabat tingkat Provinsi Kepulauan Riau diantaranya Gubernur Kepulauan Riau, beberapa anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah tingkat Provinsi Kepri dan Kabupaten/kota, seluruh kepala daerah dan pimpinan OPD se-provinsi kepri, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Diawali dengan Pawai Ta’aruf yang diikuti oleh seluruh kafilah dengan tampilan atraksi dan synopsis yang menggambarkan semangat mengukir prestasi seiring membangkitkan gairah penerapan nilai-nilai suci Al Qur’an, MTQ IX tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang digelar di Halaman Masjid Agung Baitul Ma’mur Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas dibuka oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, kamis (14/07) pagi.

Ansar Ahmad dalam sambutannya pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi tuan rumah dalam melakukan kesiapan, terutama terkait pembangunan astaka yang mana dalam peninjauan sebelumnya beberapa waktu lalu baru mencapai pengerjaan 85 persen. Namun sesuai jadwal yang ditetapkan, pengerjaannya digesa dan fasilitas astaka dapat dipergunakan pada momentum pembukaan ini.

Harapan besar juga disampaikan olehnya terkait upaya meningkatkan perolehan prestasi dalam perhelatan MTQ tingkat Nasional yang akan digelar di Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan nanti, dimana kafilah dari Provinsi Kepri harus merupakan hasil penjaringan juara 1 pada setiap cabang yang diperlombakan pada MTQ tingkat Provinsi kali ini, terkecuali peserta tersebut dalam keadaan sakit dan harus melalui musyawarah Bersama.

Selain itu, Ansar juga mengharapkan kepada LPTQ tingkat kabupaten/kota di Provinsi Kepri agar dapat terus meningkatkan peran dan fungsinya, terutama dalam melakukan pembinaan, mencari bakat baru melalui pelatihan potensial Qori dan Qori’ah.

Mengingat upaya bersama dalam mengenalkan seluruh daerah wilayah Provinsi Kepri, terutama Kabupaten Kepulauan Anambas, Ansar juga menetapkan bahwa kedepan daerah ini akan digelar Kegiatan Majelis Bersholawat Provinsi Kepri.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris selaku tuan rumah juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kepri yang telah menetapkan daerah ini sebagai tuan rumah penyelenggara MTQ IX.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat, dalam setiap bidang maupun fungsinya bagi mendukung lancarnya kegiatan ini. Berbagai kekurangan dan kesalahan dirinya juga menyampaikan permohonan maaf atas nama pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Menurut Abdul Haris, salah satu upaya untuk mempromosikan daerah, seperti Kabupaten Kepulauan Anambas, Lingga dan Natuna adalah diberikannya kesempatan untuk menyelenggarakan berbagai event sebagai media penarik perhatian luas.

Untuk itu dirinya berharap agar melalui kegiatan ini, Kabupaten Kepulauan Anambas dapat dikenal dan terbangun citra masyarakat daerah yang ramah, kreatif dan religious.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Karimun menyerahkan Piala Bergilir sebagai Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas selaku tuan rumah untuk selanjutnya diperebutkan dalam even Tilawatil Qur’an tingkat Provinsi Kepri kali ini. (Pro_kopim/red)

RILIS PERS, Nomor : 1386 /PRO_KOPIM/2022