SELAMAT DATANG di Situs Resmi Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Wan Siswandi Pimpin Rakor dengan Perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

Selasa (03/12) pagi, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi membuka Rapat Koordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dengan agenda diskusi dan laporan kajian pemilihan lokasi dan daya dukung pembudidaya ikan laut di Kabupaten Natuna.

Dalam sambutan pembukanya, Wan Siswandi menerangkan bahwa saat ini pemerintah pusat focus dukung pelaksanaan pembangunan daerah melalui beberapa bidang prioritas, yaitu Pertahanan, Pariwisata, Migas, Perikanan dan Lingkungan Hidup.

Sector perikanan menjadi salah satu prioritas yang saat ini berusaha dikembangkan, mengingat wilayah Natuna 99 persen geografisnya merupakan laut/perairan dan 60 persen penduduknya bermata pencarian sebagai nelayan.

Menurut Wan Siswandi, kebijakan pengembangan sector perikanan saat ini diharapkan menjadi salah satu program yang sangat berpihak kepada masyarakat, terutama melalui pengelolaan potensi perikanan dengan cara yang lebih baik.

Wan Siswandi menerangkan bahwa program kementerian Kelautan dan Perikanan yang dipimpin oleh Menterinya terdahulu menetapkan konsep dimana dalam pengelolaan potensi perikanan, akan melibatkan nelayan luar daerah, namun hasil tangkapan akan didaratkan di Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa.

Hal ini dirasa sangat baik karena akan menambah pajak retribusi daerah yang pada gilirannya juga dapat menambah modal sumber anggaran daerah untuk pengembangan pada sector lain.

Selain itu, Nelayan tempatan juga merasa sangat terbantu karena dengan Operasional SKPT tersebut juga berfungsi sebagai tempat pemasaran/pelelangan hasil tangkapan ikan.

Wan Siswandi juga mengapresiasi terhadap upaya kementerian KKP dalam mengakomodir proses perdagangan ikan hidup dengan pembeli dari luar negeri. Transaksi perdagangan ini dirasa menjadi salah satu solusi strategis dalam menjadikan sector budidaya ikan hidup sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan tempatan.

Mengingat begitu strategisnya fungsi SKPT bagi pengembangan sector perikanan dan peningkatan ekonomi masyarakat, Wan Siswandi berharap program KKP RI dapat terus dilanjutkan dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama Perwakilan dari KKP RI, Ketut Sugama juga menyampaikan bahwa mengingat telah terjadi pergantian Menteri Kelautan dan Perikanan baru-baru ini, telahpun menginstruksikan agar terus membangun komunikasi, terutama dengan pemerintah daerah potensial melalui berbagai program yang menyentuh langsung kepada kepentingan peningkatan ekonomi masyarakat. (Humas_Pro/Sono/Eki)

RILIS PERS, Nomor : 1039 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019