Wakil Bupati Natuna Kunker Bunguran Utara Silaturrahmi dan Sosialisasi Informasi Pembangunan

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti didampingi beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna berkunjung ke Kecamatan Bunguran Utara, jum’at (18/01) siang.

Adapun agenda dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja perdana pada tahun 2019 kali ini diantaranya membuka Turnamen Glora di Lapangan Bola Desa Kelarik Air Mali, dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Organisasi Kepemudaan Glora ke-63.

Selanjutnya agenda utama pertemuan dengan masyarakat Kecamatan Bunguran Utara digelar di Masjid Besar At Taqwa Desa Kelarik setelah menunaikan Shalat Isya berjama’ah, pihak kecamatan juga mengundang seluruh Kepala Desa, Anggota BPD, Pengurus Masjid, Kepala Puskesmas dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Ngesti menjelaskan bahwa seiring berjalan waktu, terdapat berbagai perubahan kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Daerah yang disinergikan dengan kebijakan Pemerintah Pusat, terutama dalam aspek Pelayanan.

Diantaranya terkait Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Dimana sebelumnya Pemerintah Daerah pernah mengambil kebijakan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Pada prinsipnya BPJS juga melayanai klaim biaya kesehatan yang dirasa lebih mudah, karena bank data anggota BPJS saat ini bersinergi dengan data jumlah masyarakat yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sehingga seluruh masyarakat dapat berobat hanya dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di pos pelayanan kesehatan yang ada (Puskesmas dan Rumah Sakit).

Ngesti berharap melalui pertemuan ini, seluruh unsur dapat menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat luas, agar kedepan program ini dapat benar-benar memberikan manfaat bagi jaminan kesehatan masyarakat.

Selanjutnya dibidang pendidikan, diakuinya belakangan sering menerima keluhan dari perwakilan tenaga honorer sekolah yang sejauh ini mendapatkan penghasilan yang masih sangat minim, tergantung kemampuan dan kebijakan sekolah.

Menyikapi hal ini, Ngesti menjelaskan bahwa Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga sedang melakukan pendataan bagi tenaga honorer sekolah baik status Negeri maupun Swasta untuk selanjutnya diterbitkan Surat keputusan sebagai tenaga pengajar dengan perjanjian kontrak yang memiliki hak untuk mendapatkan penghasilan lebih layak.

Selain itu, Ngesti juga menuturkan bahwa belakangan ini muncul isu terkait pelantikan dan pemberhentian kepala sekolah baik ditingkat SD, SMP maupun SMA. Dijelaskan bahwa saat ini terdapat ketentuan yang harus dipenuhi seorang Kepala Sekolah sebagai implementasi kebijakan pemerintah pusat.

Dengan kata lain, Kepala Sekolah yang dilantik adalah tenaga pengajar yang sudah memenuhi syarat, kompetensi, sertifikasi, pangkat dan golongan ruang serta berbagai ketentuan administrasi, dengan tujuan agar pengelolaan manajemen dan teknis di sekolah dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Dalam pengembangan sektor perekonomian daerah, Ngesti juga menyampaikan informasi bahwa sejauh ini modal belanja pembangunan daerah sebagian besar didapat dari bagi hasil migas sebagai wilayah penghasil yang disesuaikan dengan kandungan migas yang dimiliki serta harga minyak dunia.

Untuk itu, pemerintah daerah sedang berupaya menciptakan potensi unggulan sebagai sumber pendapatan serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaannya.

Diantaranya dengan ditetapkannya Natuna sebagai wilayah Geopark Nasional yang diharapkan dapat berdampak pada peningkatan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat melalui sektor Pariwisata dan perikanan.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut, upaya meningkatkan wawasan masyarakat, kepedulian terhadap lingkungan serta peningkatan mutu Sumberdaya Manusia harus terus diupayakan. Untuk itu Ngesti mengharapkan adanya dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan perubahan, terutama pola pikir, kepedulian dan tanggungjawab bersama dalam menentukan nasib pembangunan daerah kedepan. (Humas_Pro/Red)

Photo : Izar

RILIS PERS, Nomor : 782 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019