SELAMAT DATANG di Situs Resmi Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Sosialisasi Wasbang Penting Bagi Generasi Muda Demi Keutuhan NKRI

Pesatnya perkembangan teknologi dibidang Informasi dan Komunikasi, dinilai dapat mengancam masa depan para generasi penerus bangsa, untuk memahami dan mempertahankan ideologi bangsa Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si., saat memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bhakti Sosial Binter Terpadu 2019, yang digelar oleh Komando Resor Militer (Korem) 033 Wirapratama, di Gedung Sri Serindit Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Kamis (28/11) pagi.

Hamid Rizal menjelaskan, bahwa Wasbang ini sangat penting disosialisasikan dan ditanamkan kepada para generasi muda, yang dimulai dari siswa-siswi sekolah tingkat SD, SLTP dan SLTA. Sebab jika tidak dimulai sejak dini, dikhawatirkan kedepannya para penerus bangsa tersebut tidak mengerti dasar negara Indonesia yang telah dicetuskan dan ditetapkan oleh para pahlawan pendiri bangsa ini.

Ada 4 Pilar yang menjadi dasar negara dan wajib diketahui oleh para generasi muda serta seluruh warga Indonesia. Diantaranya Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Untuk itu, Hamid berharap agar Wasbang ini dapat menjadi modal bagi negara, untuk menanamkan nilai-nilai dasar negara terhadap para generasi muda.

Sebagai daerah perbatasan dan terluar, Natuna memiliki potensi kerawanan bagi terpecah belahnya NKRI, akibat adanya gangguan dari negara asing.

Kemajuan teknologi membuat anak-anak masa kini sibuk dengan gadget mereka masing-masing, sehingga tidak ada waktu lagi untuk belajar memahami ideologi bangsa, yang menjadi dasar bagi negara ini.

Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna Hamid Rizal menyampaikan apresiasi kepada Korem 033 Wirapratama dan Kodim 0318 Natuna, yang telah menggelar Sosialisasi Wasbang di Kabupaten Natuna.

Sebagai daerah perbatasan dan terluar, Natuna memiliki potensi kerawanan bagi terpecah belahnya NKRI, akibat adanya gangguan dari negara asing.

Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna melalui berbagai Instansi terkait, juga telah berupaya memberikan wawasan kebangsaan bagi para pelajar dan masyarakat, agar tetap bersatu padu menjaga keutuhan NKRI. Turut hadir Komandan Korem yang diwakili oleh Kasrem 033 Wirapratama Kolonel (Inf) Jimmy Watuseke,  Kasilog Korem Kolonel (Inf) E.Sidabutar, Pasiter Korem Mayor Haryoko, Dandim 0318 Natuna diwakili oleh Pasi Intel Kapten (Inf) Narta, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, Ormas, OKP, serta para pelajar se Kecamatan Bunguran Timur sebagai peserta sosialisasi. (Humas_Pro/PKL-Azmizar/Seltia)

RILIS PERS, Nomor : 1033 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019