Sekda Natuna : Kecamatan dan Desa Ujung Tombak Pemberdayaan Masyarakat

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna,  Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, senin (28/01) pagi, Anggota Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Natuna yang terdiri dari Camat dan Lurah se-Kecamatan Bunguran Timur serta beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menggelar rapat teknis terkait penyusunan administrasi yang nantinya akan di sampaikan di Provinsi untuk Program Penilaian Kabupaten Sehat se-provinsi Kepulauan Riau.

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi ketika memimpin rapat tersebut menerangkan bahwa ujung tombak program Kabupaten Sehat adalah pada tingkat Kecamatan dan Desa, dimana implementasinya melalui berbagai kebijakan dan pemberdayaan masyarakat secara langsung.

Sedangkan OPD merupakan potensi pendukung yang harus terus bersinergi melalui rancangan program kerja, sehingga pembenahan fasilitas pendukung lebih tepat sasaran dan tepat manfaat bagi mewujudkan Natuna sebagai Kabupaten Sehat.

Selanjutnya Ketua FKS Kabupaten Natuna, Nurhayati menerangkan bahwa terdapat beberapa tujuan program yang ingin dicapai, yaitu untuk mendorong kesadaran masyarakat tentang masalah lingkungan fisik dan lingkungan.

Meningkatkan kemitraan antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam membangun kotanya melalui forum atau kelompok kerja, serta meningkatkan rasa memiliki dan tanggungjawab bersama warganya terhadap hasil pembangunan wilayah.

Nurhayati juga menerangkan bahwa program Kabupaten Kota Sehat (KKS) sudah dimulai sejak tahun 2009 oleh pemerintah pusat. Baru tahun 2015 Provinsi Kepri mengarahkan dan melakukan sosialisasi KKS di Kabupaten Natuna untuk ikut berpartisipasi.

Untuk tahun 2019 Kabupaten Natuna diikutkan dalam penilaian KKS serta masuk dalam capaian indikator RPJMD Provinsi Kepulauan Riau.(Humas_Pro/Diana)

Photo : Eki

RILIS PERS, Nomor : 787 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019