SELAMAT DATANG di Situs Resmi Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Plt. Gubernur Kepri Buka Rapat Kerja Pemerintah Desa di Kabupaten Natuna

Tantangan pelayanan serta penyelenggaraan pemerintahan desa seiring waktu semakin kompleks, tidak hanya terkait pengelolaan keuangan yang nilainya semakin besar, namun Kepala Desa juga harus benar-benar mampu menerapkan Undang-undang nomor 6 Tahun 2004 tentang Desa , secara baik bagi mewujudkan desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Sedangkan tersedianya anggaran yang memadai merupakan salah satu factor penting bagi mendorong Kepala Desa untuk melaksanakan program kerja, terutama bagi pembenahan infrastruktur skala desa, pemberdayaan masyarakat maupun peningkatan kapasitas SDM di Desa.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti dalam sambutannya pada Pembukaan Rapat Kerja Pemerintahan Desa Kabupaten Natuna, Tahun 2019 yang digelar di Gedung Serbaguna Sri Serindit, Ranai, Rabu (01/08) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri Plt Gubernur Kepri, Isdianto,  Asisten 1 Provinsi Kepri, Wakil Ketua 1 DPRD dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kabupaten Natuna serta beberapa tokoh masyarakat.

Ngesti melanjutkan, adanya anggaran yang besar bagi mendukung pelaksanaan pembangunan desa juga diiringi dengan tanggungjawab dan pengawasan yang besar pula, oleh karenanya Kepala Desa harus terus berupaya meningkatkan pengetahuan keuangan desa dengan baik dan transparan. Sedangkan Pemerintah Daerah akan terus mendukung upaya  peningkatan kapasitas perangkat desa diantaranya melalui Bimtek dan Pelatihan serta Bimbingan kepada Bendahara Desa.

Pada kesempatan tersebut, Plt Gubernur Kepulauan Riau,  Isdianto dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa, saat ini penggunaan Dana Desa menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Pusat dan juga dimintai pertanggung jawabannya, karena Dana Desa dikelola secara penuh oleh Pemerintah Desa.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa diharapkan kepada Para Kepala Desa harus teliti dan berhati-hati dalam pengelolaannya,  jangan  sampai disalah gunakan terlebih lagi bagi kepentingan pribadi

Pemerintah Provinsi akan terus mendukung sepenuhnya upaya membangun desa menuju kemandirian dan kesejahteraan, namun yang terpenting adalah kesadaran dari Kepala Desa yang sudah diberikan amanah, untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab sepenuhnya dalam melaksanakan tugas.

Pembukaan Rapat Kerja Pemerintahan Desa di Kabupaten Natuna dibuka secara resmi oleh Plt. Gubernur Kepri dengan ditandai pemukulan Gong yang disaksikan oleh seluruh undangan dan peserta kegiatan yang hadir. (Humas_P/Diana & Sri/Sofian).

RILIS PERS, Nomor : 921 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019