SELAMAT DATANG di Situs Resmi Sekretariat Daerah - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Global Geopark Network Unesco, Langkah Strategis Bangun Media Diplomatik Bilateral

Penetapan Kabupaten Natuna sebagai salah satu Geopark Nasional hendaknya menjadi peluang bagi daerah bagi mewujudkan suatu sektor unggulan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dan mengembangkan perekonomian masyarakat.

Namun untuk mewujudkan hal diatas, perlu disadari bahwa program kerja seluruh Organisasi Perangkat Daerah harus memberi dukungan secara berkelanjutan bagi pembenahan pembangunan serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat luas.

Hal itu dituturkan Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Izwar Asfawi ketika membuka rapat lanjutan dengan seluruh anggota Badan pengelola Geopark Natuna (BPGN) yang merupakan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, Rabu (16/01) pagi.

Izwar Asfawi juga menegaskan bahwa upaya mewujudkan Natuna sebagai Global Geopark Network Unesco yang saat ini sedang dirintis, bukan semata tugas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Semata, melainkan seluruh OPD memiliki peran yang sama.

Hal ini mengingat hasil pantauan pada beberapa wilayah yang sudah lebih dulu ditetapkan sebagai Geopark Nasional, sektor pariwisata mampu menjadi wadah aktifitas perekonomian masyarakat, dengan pengelolaan sektor pariwisata yang tepat dan terpadu.

Selanjutnya menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Erson Gempa Afriandi atas perjuangan bersama, Kabupaten Natuna telahpun ditetapkan menjadi salah satu dari 8 daerah yang berstatus Geopark Nasional, diantaranya Geopark Sawahlunto, Ngarai Sianok, Silokek, Pongkor, Banyuwangi, Meratus dan Karang Sambung/Karang Bolong.

Adapun salah satu strategi yang akan diambil oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam mensosialisasikan Geopark serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat, diantaranya mengusulkan agar informasi terkait Geopark dapat dimasukkan dalam sistem pendidikan kurikulum di sekolah-sekolah, serta mengumpulkan berbagai data pendukung informasi berbagai situs dan destinasi pariwisata daerah.

Selain itu Erson juga menerangkan bahwa upaya Kabupaten Natuna mengusulkan menjadi salah satu Situs Global Geopark Network Unesco ini telah mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Luar Negeri RI karena dipandang memiliki peran strategis dalam upaya diplomatis dalam membangun hubungan bilateral dan kepentingan nasional lainnya. (Humas_Pro/Sri, Diana)

Photo : Eki

RILIS PERS, Nomor : 780 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019